Karena tim design di Bukalapak lumayan besar, salah satu hal yang paling early gw lakukan ketika joining them adalah membuat design operation team. Di beberapa tim design lainnya, karena semakin besarnya ukuran tim design ini, gw lihat kebutuhan untuk role design operation ini mulai meningkat juga.

Lalu apa sih sebenernya design operation? Istilahnya bisa juga disebut sebagai design producer atau design program manager kalau di dunia ahensi. Tapi menurut gw tugas utama design operation adalah “to let designers design”. Untuk membiarkan para designer fokus ke pekerjaan mendesign.

Ketika kompleksitas pekerjaan UX designer semakin tinggi dan jumlah UX designer di sebuah tim design semakin banyak, maka akan timbul masalah-masalah yang ga bisa dihindari seperti: komunikasi antar designer, versioning design, akses ke hasil research repository, kolaborasi dengan tim lain, dsb.

Designer-designer bisa2 menghabiskan waktu berjam-jam untuk meeting-meeting yang ga penting, ngurus license tool design, merekrut research participant, atau mencari file design paling mutakhir.

Nah tugas utama design ops team lah untuk mengembalikan fokus designer ke hal utama yang harus mereka lakukan: to design. Gimana caranya?

Mereka akan berusaha untuk “operationalize” hal-hal yang bisa dibikin lebih efisien dan efektif. Misalnya untuk task mengatur semua kebutuhan tool design ataupun merekrut partisipan riset bisa dilakukan oleh tim design ops ini.

Lalu kapan kita harus buat design ops team? Jawaban paling gampangnya adalah ketika UX designer/ UX researcher kita udah mulai sibuk melakukan hal-hal yang bukan core task mereka: mendesain atau meriset. Walaupun ada pendapat juga yang mengatakan bahwa rule of thumb untuk design ops adalah di angka 6. Jadi untuk setiap 6 designer/researcher dibutuhkan 1 design/research ops.

Kalau menurut gw sendiri, angka ini terlalu ideal. Kayanya akan susah untuk justify 1 headcount design ops untuk setiap 6 designer kalau perusahaan kita ga banyak duitnya. Kalau tim yang pernah gw pimpin sendiri, rasionya ada sekitar 1:10. Dan trick untuk menjustify headcount ini bisa juga dengan menggabungkan task design system dengan design ops karena nature kedua role ini yang sama-sama menopang tim design secara horizontal. Selamat berburu tim design ops mu!

Yoel

(dulu kerjaannya terbantu banget sama tim research ops)

SVP of Product Design @tiket.com | Ex-Bukalapak | Ex-Uber | Indonesia - Seattle - Singapore - Germany - Nomad - Jakarta. Tweet @ SumitroYoel

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store